Senin, 09 Desember 2013

  • Saingi Motorola, Xiaomi Juga Siap Kembangkan Ponsel Modular 'Magic Cube'

    Selama beberapa tahun terakhir, perkembangan teknologi di industri perangkat mobile umumnya lebih berkutat pada prosesor yang lebih cepat atau display yang lebih besar dan memiliki tingkat resolusi yang lebih tinggi. Mungkin karena statisnya perkembangan semacam inilah, begitu sebuah video YouTube yang memperlihatkan konsep perangkat Phonebloks (sebuah ponsel modular yang bisa disusun seperti mainan LEGO), maka dunia industri perangkat mobile seperti mendapat sebuah angin segar yang mengusung tema perubahan.
    Selang beberapa minggu setelah kemunculan video Phonebloks, Motorola segera memastikan bahwa mereka sedang menyiapkan Project Ara, sebuah proyek smartphone modular yang mirip seperti Phonebloks. Namun inspirasi tersebut tak berhenti di Motorola saja, karena perusahaan rising star baru di China juga berminat untuk mengembangkan perangkat serupa.
    Perusahaan tersebut tak lain adalah Xiaomi, si pendatang baru yang sukses membajak salah satu pentolan Android yaitu Hugo Barra untuk bergabung dengan perusahaan mereka. Akun Weibo (layanan semacam Twitter milik China) resmi dari CEO Xiaomi mendadak memposting 2 buah gambar dari Magic Cube, sebuah proyek ponsel modular ala Project Ara dari Motorola. Entah tak sengaja atau sekedar mencari sensasi, kedua foto tersebut akhirnya segera dihapus dari akun Weibo Lei Jun.
    Dari foto tersebut, konsep render Magic Cube milik Xiaomi tampak lebih sederhana dari yang ditampilkan oleh Motorola. Namun mengingat bahwa foto tersebut masih sebatas konsep, besar kemungkinan mereka akan terus memolesnya hingga mencapai bentuk terbaik. Itupun kalau memang Xiaomi benar-benar merencanakan pengembangan Magic Cube…
  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Copyright @ 2013 Cyber Bungsu.